Pengertian PHP dan Contohnya

Bila anda belajar mendesain situs atau web yang hanya mengandalkan HTML dan bahasa script client side seperti CSS, pada suatu titik anda akan menyadari keterbatasan dalam mengatur situs anda tersebut, karena kedua bahasa pemrograman tersebut fungsi utamanya hanya untuk mengontrol tampilan teks dan grafis saja. HTML dan CSS ini tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan atau melakukan komunikasi dengan server web, sehingga hanya bisa menghasilkan halaman web statis. Mulai dari sini maka kebutuhan akan halaman web dinamis mulai muncul, dalam arti dapat membuat halaman web ikut berubah tanpa harus merubah kode yang menyusun halaman web.

Pengertian PHP

PHP (PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang ditanam di sisi server yang di desain untuk kepentingan pembuatan aplikasi web. PHP diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994 sebagai sebuah kumpulan script freeware yang berbasis Perl dan dikenal sebagai “Personal Home Page” Tools yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf. Ternyata PHP ini mengundang minat para developer dan professional, hingga pada tahun 1995 dibuat sebuah milis sebagai tempat diskusi termasuk memberikan feedback, perbaikan bug dan ide-ide kode script tersebut.


Kelebihan PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya

  1. Bahasa Pemrogramannya Sederhana
    Bagi anda yang baru belajar pemrograman, alasan ini merupakan alasan utama untuk mulai belajar PHP, bahkan mereka yang awalnya hanya sedikit tahu atau bahkan belum tahu sama sekali tentang pemrograman, bisa dengan cepat dan mulai membuat aplikasi lengkap.
  2. PHP Bersifat Open Source
    Source code PHP tersedia secara gratis, maka hal ini memungkinkan komunitas developer untuk selalu melakukan perbaikan, pengembangan dan menemukan bug dalam bahasa PHP. Bila ada upgrade versi berikutnya maka anda tidak perlu membayar biaya pembelian yang biasanya cukup mahal.
  3. Stabilitas dan Kompatibilitas
    PHP ini bisa dijalankan di berbagai macam sistem operasi, seperti Windows, Linux dan Mac dengan stabil, serta terintegrasi secara baik dengan berbagai macam web server populer seperti Apache dan IIS.
  4. PHP juga dilengkapi dengan berbagai macam pendukung lainnya seperti support langsung ke berbagai macam database yang populer, arsitektur yang dikembangkan dan sebuah prosesor yang tidak hanya menggunakan resource minimal pada komputer anda dibandingkan kompetitor bahasa pemrograman lainnya.

Cara Kerja PHP

Cara menggunakan PHP cukup mudah yaitu anda hanya perlu menyisipkan kode PHP kedalam tag-tag HTML yang sudah ada di situs anda. Ketika ada seseorang yang mengakses web anda yang didalamnya telah berisi kode PHP (tentunya dengan file berekstensi.php), server akan mengeksekusinya dan kemudian mengirimkan hasil eksekusinya ke web server untuk selanjutnya ditampilkan menggunakan kode HTML. Browser tidakĀ  memerlukan tambahan apapun, karena hasil output PHP akan diterima oleh internet oleh browser anda dalam format standar HTML karena sebelumnya web server akan mengolah kode PHP dan menampilkan outputnya dalam format HTML.

Secara umum, PHP bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Mengambil informasi dari form berbasis web dan menggunakannya untuk berbagai jenis keperluan seperti menyimpan dalam database, membuat halaman dengan kondisi tertentu berdasarkan isi form, mengirim email secara otomatis saat tanggal ulang tahun penerimanya.
  • Autentikasi dan menelusuri pengunjung, artinya kita bisa tahu halaman mana yang lebih sering dikunjung oleh pengunjung situs kita.
  • Menampilkan halaman yang berbeda-beda bergantung pada browser atau peralatan yang dipakai oleh pengunjung, misalnya bila yang berkunjung menggunakan HP maka tampilannya akan dikecilkan menyesuaikan dengan layar HP.
  • Menampilkan seluruh halaman situs dengan hanya memakai satu layout, bila halamannya statis maka anda harus membuat satu layout untuk satu halaman.

Contoh Sederhana Penggunaan PHP

Ini saya tampilkan sebuah contoh script php sederhana, yang akan menampilkan 4 variabel yaitu no, nama pegawai, nip dan nilai kompetensi. File script sederhana ini saya simpan dengan nama uji.php

<html>
<head> <title>Hasil Pegawai Kompetensi</title> </head>
<?php
$nama = array("Dicky Harryadi", "Ida Wahyuni","Erfan Iswantoro","Hadiyanto",
        "Raden Abdul Muiz","Handoyo Wijoyo","Ramdhanul Yuliarto","Anton Mustafa",
        "Burhanuddin Azis","Muchamad Lutfi","Moh. Ataul Harsani",
        "Marselinus Wahyu Pamungkas");
$nip = array(340013619,340014161,340014013,340016043,340012385,340014160,
       340016357,340019827,340013419,340018319,340056103,340056729);
$nilai = array (65,90,85,100,60,85,90,65,85,75,86,95);
$no_urut = 0;
$no_urut++;
echo '<table style="width: 40%;"><tbody>';
echo '
<tr style="background-color: #FF0000; text-align: center;">
<th style="width: 10%;">NO</th>
<th style="width: 40%;">NAMA PEGAWAI</th>
<th style="width: 20%;"> NIP </th>
<th style="width: 30%;">NILAI KOMPETENSI</th>
</tr>
';
for($i=0; $i < count($nama) ; $i++)
{
echo '
<tr style="background-color: #FF3399; text-align: center;">
<td style="width: 10%;">'.$no_urut++.'</td>
<td style="width: 40%;text-align: left;">'.$nama[$i].'</td>
<td style="width: 20%;">'.$nip[$i].'</td>
<td style="width: 30%;">'.$nilai[$i].'</td>
</tr>
';
}
echo '</tbody></table>';
?>
</html>

Hasilnya bisa dilihat di gambar dibawah ini setelah di eksekusi di browser.



Beberapa penjelasan terkait penulisan script diatas, mungkin anda perlu belajar memahami struktur penggunaan kode HTML sebelum belajar lebih jauh tentang PHP. Ini Penjelasannya:

Struktur Penulisan Kode HTML dan PHP

  • Struktur penulisan HTML diawali dengan tag <html> dan ditutup dengan tag </html>
  • Diantara tag <html> … </html> dimasukkan juga <head><title> Nama Judul </title></head>, yang nantinya Nama Judul tersebut akan ditampilkan oleh browser pada bagian atas, untuk contoh script sederhana PHP diatas, saya memberikan nama judulnya yaitu : “Hasil Pegawai Kompetensi” (lihat contoh gambar diatas)
  • Bahasa script php diawali dengan tag <?php dan ditutup dengan tag ?>. Bila dilihat secara umum maka penulisan susuna kode html dan PHP kurang lebih seperi berikut :
<html>
   <head> <title>Nama Judul</title> </head>
     <?php
       bahasa script php
     ?>
</html>

Semoga artikel tentang pengertian PHP dan contoh sederhana penggunaan PHP diatas bisa bermanfaat bagi anda yang baru memulai belajar pemrograman PHP ini.




Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.