Apa Itu Sound Card dan Cara Mengetes Monitor Komputer

Apa itu Sound Card  – Sound Card adalah perangkat keras komputer  yang digunakan untuk mengontrol input dan output dari file audio pada komputer sehingga dengan adanya kartu ekspansi ini memungkinkan komputer untuk mengirim informasi audio ke perangkat audio seperti speaker atau headphone. Di masa lalu, bip adalah satu-satunya suara yang bisa dihasilkan oleh komputer, namun dengan adanya penemuan kartu suara (sound card) maka audio yang lebih kompleks dapat diakses dan diproses oleh komputer. Sound card disebut juga dengan istilah audio card, audio adapter atau sound adapter.

Bagaimana Sound Card Bekerja?

Sound Card mempunyai standar operasi untuk mengendalikan suara pada komputer dalam pengolahan input dan output suara. Input berasal dari perangkat lain seperti mikrofon atau alat musik MIDI. Kartu suara mengambil suara dari perangkat, mencatat dan kemudian memprosesnya. Untuk output, perangkat mengambil instruksi dari program dan memainkan suara melalui speaker yang terhubung ke komputer.


Sound card menggunakan elemen-elemen lainnya yang terinstall di dalamnya untuk melakukan pekerjaan yang ditugaskan padanya. Digital Signal Processor (DSP) adalah sebuah chip dalam kartu suara yang menerima dan menangani sinyal suara yang masuk, kemudian memanipulasi sinyal untuk mengakses suara. Digital-to-analog converter (DAC) mengontrol suara keluar, yang dibutuhkan frekuensi suara dari program dan mengubahnya menjadi frekuensi yang terdengar ke telinga manusia. Analog-to-digital converter (ADC) melakukan pekerjaan yang sama seperti DAC tetapi secara terbalik. DAC mengubah audio pada sound card lalu memprosesnya. Digital audio adalah untuk telinga manusia dan audio analog adalah audio yang dimengerti oleh komputer.

CARA MENGETES MONITOR KOMPUTER

Cara Mengetes Monitor Komputer – Apakah monitor komputer sobat tidak menampilkan gambar pada layarnya ? Bila hal itu yang terjadi maka perlu dilakukan tes atau pengujian pada monitor komputernya apakah masih baik atau ada kerusakan lainnya sehingga monitor komputer tersebut tidak bisa menampilkan gambar di layarnya.


Cara mengetes monitor komputer yaitu

  1. Pastikan bahwa monitornya telah menyala. Beberapa monitor yang ada memiliki lebih dari satu tombol power, maka periksalah untuk memastikan semua tombolnya telah diaktifkan.
  2. Periksa koneksi kabel power monitor apakah sudah terpasang dengan baik, terkadang kabel power monitornya longgar atau telah dicabut. Bila kabel monitor tidak tersambung dengan baik maka lampu daya monitornya tidak akan menyala.
  3. Periksa koneksi kabel data monitor apakah sudah terpasang dengan baik. Bisa saja monitornya bisa menyala namun informasi dari PC tidak bisa sampai ke monitor karena kabel yang menghubungkan monitor ke komputernya terlepas atau longgar. Bila sebuah kabel monitor terputus bisa menyebabkan lampu daya monitor menyala tetapi berwarna kuning bukan berwarna hijau.
  4. Coba sobat atur kecerahan (brightness) dan kontras (contrast) Bisa saja monitor telah menampilkan informasi, namun sobat tidak bisa melihatnya karena monitor disetting ke pengaturan warna yang terlalu gelap. Catatan : Kebanyakan monitor saat ini memiliki interface layar tunggal (a single onscreen interface)  untuk semua pengaturan, termasuk kecerahan dan kontras. Jika ternyata monitornya tidak bekerja sama sekali maka anda akan cenderung tidak memiliki akses ke interface ini. Monitor yang lebih lama mungkin memiliki tombol-tombol manual untuk menyesuaikan pengaturan kecerahan dan kontrasnya.
  5. Coba sobat tes komputernya dengan menghubungkan ke monitor yang berbeda untuk memastikan bahwa PCnya berfungsi dengan baik. Siapa tahu monitornya bekerja dengan baik tetapi komputer tidak bisa mengirim informasi ke monitornya.
    • Jika monitor baru yang anda koneksikan ke komputer tidak menampilkan apapun, maka lanjutkan ke Langkah 6.
    • Jika monitor baru koneksi Anda tidak menampilkan informasi dari komputer Anda, lanjutkan ke Langkah 7.

    Penting: Ketika melakukan pengujian dengan monitor baru, pastikan kabel data yang digunakan adalah kabel data yang  bersama dengan monitor baru tersebut dan bukan dari kabel data dari monitor yang bermasalah.

  1. Menentukan mengapa komputer Anda tidak mengirimkan informasi ke monitor Anda . Karena monitor tidak bekerja, Anda sekarang tahu bahwa komputer tidak mengirimkan informasi ke monitor. Dengan kata lain, Anda telah membuktikan bahwa komputer Anda adalah alasan bahwa tidak ada yang muncul di monitor Anda.
  2. Kemungkinannya adalah monitor yang asli Anda bekerja dengan baik.
  3. Uji monitor yang asli Anda dengan kabel data monitor yang Anda tahu bekerja. Ada kemungkinan bahwa monitor itu sendiri sudah bekerja dengan baik tetapi tidak dapat menerima informasi dari komputer karena kabel yang menghubungkan monitor ke PC tidak lagi bekerja.

    Catatan: Jika memungkinkan, tes menggunakan kabel data dari monitor yang Anda berhasil diuji dengan pada Langkah 5 Jika tidak, membeli kabel data pengganti monitor menguji dengan.

    Catatan: Kabel data pada beberapa monitor yang lebih tua secara permanen terhubung ke monitor dan tidak tergantikan. Dalam kasus ini, Anda harus melewatkan langkah ini dan lanjutkan ke Langkah 8.

  1. Ganti monitor.

Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat bagi anda yang suka ngulik komputer sendiri.




Originally posted 2019-02-03 23:52:09.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *